Selasa, 18 Januari 2011

Jati Diri Bangsa Indonesia

Sekarang ini banyak tokoh masyarakat, para pemikir di negeri ini dan para petinggi di negeri ini bicara mengenai " Jati Diri Bangsa Indonesia ". Banyak penjelasan mengenai apa sebenarnya Jati Diri Bangsa Indonesia ini, sampai terkadang membuat saya bingung untuk memaknainya dengan baik didalam hati dan pikiran saya.
Di tulisan ini saya ingin mencoba mengutarakan apa yang ada di benak saya mengenai Jati Diri Bangsa Indonesia. Saya merasa bahwa dengan pemahaman yang tepat mengenai Jati Diri Bangsa Indonesia, maka kita akan dapat membawa Indonesia menjadi Negara yang besar dan kuat.
Dalam pemikiran saya ada beberapa hal yang bisa kita jadikan dasar dalam memaknai Jati Diri bangsa Indonesia.

Indonesia Adalah Negara Kepulauan
Sadarkah kita bahwa kita ini adalah negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia? Terkadang saya teringat sejarah mengenai Kerajaan Majapahit, lalu di telinga saya ter-ngiang lagu yang sering saya nyanyikan pada saat TK dulu....." nenek moyangku seorang pelaut....gemar mengarung luas samudra.......".
Ada pepatah yang mengatakan " siapa yang menguasai lautan maka dia akan menguasai dunia ". Pada masa keemasan Majapahit, kerajaan itu memiliki angkatan laut yang besar dan terkenal kuat, sehingga mampu menguasai Nusantara. Kita punya sejarah bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang ulung.
Dari sejarah Majapahit ini saya mengambil kesimpulan bahwa kita adalah bangsa pelaut, bangsa penjelajah, dan bangsa penakluk, yang seharusnya menguasai lautan dengan mudah terutama laut Indonesia sendiri, tapi apa yang terjadi sekarang? Kita sama sekali tidak menguasai dan menjaga laut kita dengan baik. AL kita, "mohon maaf" kalah maju jika di bandingkan negara tetangga, banyak terjadi permasalahan mengenai perbatasan dengan negara tetangga, banyak terjadi penyelundupan lewat laut dan yang lebih parah lagi hasil laut kita banyak yang di CURI....!!!
Saya berpikir bahwa sejak kolonialisme bercokol di bumi Indonesia, sudah mulai ada pemaksaan untuk merubah pola pikir yang menjadikan bahwa Indonesia adalah bangsa pekerja, buruh, atau kuli untuk bangsa lain. Bangsa Indonesia dipaksa untuk menanam semua komoditas yang menguntungkan bagi VOC. Bangsa Indonesia yang tadinya adalah bangsa penjelajah dan penakluk telah dirubah oleh VOC menjadi bangsa yang terjajah. Kita telah lupa bahwa kita sebenarnya adalah bangsa penakluk dan penjelajah yang mampu mengarungi luas samudera dan pada akhirnya, saat ini kita tidak bisa menjaga laut kita dengan baik bahkan sampai melupakan potensi laut kita,  terbayang dalam benak saya kalau kita mampu melestarikan, menjaga dan mempertahankan laut kita maka negeri ini akan aman dan tentram dan dapat dengan mudah menuju kepada kemakmuran dan kesejahteraan. Kuncinya adalah " Lestarikan, Jaga dan Pertahankan laut kita ".

Perjuangan Meraih Kemerdekaan  
Bangsa Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang panjang dalam mencapai kemerdekaan. Teringat ketika SD, guru saya sering mengatakan kita dijajah Belanda selama 350 th dan dijajah Jepang selama 3,5 th. Jiwa sebagai pejuang inilah yang menurut saya merupakan salah satu gambaran mengenai Jati Diri Bangsa. Kita adalah bangsa yang tidak mau ditindas oleh siapapun atau oleh sistem apapun. Kita adalah bangsa yang mau menentukan nasibnya sendiri tanpa ada pengaruh atau tekanan dari luar. Kita adalah bangsa yang ingin merdeka!!! Merdeka 100%...!!!!
tapi bagaimana kenyataannya sekarang? Kita telah menjadi bangsa yang lemah, yang tidak mau lagi melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan uang telah diproklamirkan oleh para pendahulu kita. Kita telah menjadi bangsa yang terjajah kembali oleh sistem yang bebeda. Kita sudah tidak mau menentukan nasib kita sendiri. Kita takut melawan arus demi kemajuan bangsa. Dan yang lebih parah lagi, banyak dari kita sudah terlena dan menikmati kondisi Indonesia yang seperti ini.
Seringkali saya memimpikan ingin memiliki seorang pemimpin yang mampu mengembalikan jiwa dan nafas perjuangan bangsa ini. Saya sangat berharap sekali ada seseorang yang mampu mengembalikan Jati Diri bangsa indonesia sebagai Bangsa Pejuang, sehingga cita-cita pendahulu kita yang menginginkan Indonesia menjadi mercusuar dunia, macan asia atau macan dunia sekalipun akan dapat terwujud.

Pancasila
Pancasila.....Inilah hal terakhir yang saya jadikan acuan jika kita ingin menggali atau memahami mengenai Jati Diri Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan gambaran yang jelas mengenai Jati Diri Bangsa. dan dalam setiap sila dari pancasila telah dirumuskan butir-butir Pancasila yang sesungguhnya sangat mencerminkan jati diri bangsa seperti misalnya, bangsa indonesia terdiri dari banyak suku, golongan dan beberapa agama, bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah dan bangsa yang mampu hidup saling menghormati di tengah banyak perbedaan, bangsa indonesia adalah bangsa yang beradab, bangsa ini adalah bukan bangsa yang biadap. dan masih banyak hal lagi yang dapat kita ambil contoh sebagai gambaran mengenai Jati Diri Bangsa ini dari Pancasila. 
Lagi-lagi saya dibuat kagum oleh Pancasila, selain merupakan dasar negara, Pancasila juga merupakan cerminan Jati Diri Bangsa. Saya sekali lagi berterima kasih kepada semua pendiri bangsa yang telah mewariskan Pancasila kepada bangsa Indonesia ini. Jadi sekali lagi saya mengajak para pembaca untuk kita kembali lagi kepada Pancasila dan bersama-sama mencoba memahami dan menjalankan Pancasila dengan baik. 
 
Tiga hal diatas merupakan dasar buat saya untuk menggali apa itu Jati Diri Bangsa Indonesia. Jadi sesungguhnya Bangsa Indonesia ini adalah Bangsa yang "besar", bangsa  yang memiliki jiwa penakluk, Bangsa pejuang yang tidak ingin di tindas, Bangsa yang bermartabat, Bangsa yang saling menghormati perbedaan dan menjungjung tinggi nilai persatuan. 
Dan sekali lagi buat saya Pancasila adalah dasar dari segalanya. Pancasila merupakan gambaran nyata Jati Diri Bangsa Indonesia, Pancasila merupakan gambaran nyata dari karakter Bangsa Indonesia. Jadi saya rasa  tidak terlalu rumit buat kita jika ingin menggali Jati Diri Bangsa Indonesia, tinggal kita melihat ke Pancasila semua sudah ada disitu. Masalahnya adalah mau atau tidak kita menegakkan  dan menjalankan kembali Pancasila. Dengan kita memahami Jati Diri Bangsa Indonesia maka kita akan dapat membawa Indonesia menjadi Bangsa yang besar. Dan jika kita ingin membentuk karakter bangsa yang kuat dan menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang Unggul kita harus menjalankan Pancasila dengan baik.
Jadi marilah kita bersama-sama mencoba menegakan Pancasila, kita coba tanamkan jiwa Pancasila kepada diri kita masing-masing. Dan kepada para petinggi negeri ini, saya sangat berharap agar para petinggi negeri ini dapat memberikan contoh dan tauladan dalam menegakan kembali jiwa Pancasila kepada kami sebagai rakyat dari negeri Indonesia ini. Hidup Pancasila....!!!Jayalah Negeriku.....!!!!




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar