Jumat, 14 Januari 2011

Garuda, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

Judul diatas merupakan lambang, dasar, dan semboyan Negeri kita Indonesia. Ini adalah topik tulisan saya yang pertama.
Disaat saya sedang menikmati sebatang rokok dan segelas kopi sendiri, terkadang dalam pikiran dan hati saya bertanya mengapa Negeri Indonesia yang memiliki lambang, dasar dan semboyan yang se DAHSYAT itu sekarang seperti dirundung kekacauan? kaum elite politik saling menyalahkan satu sama lain dan terlihat seperti mementingkan pribadi dan golongan, korupsi terjadi secara besar-besaran, banyak orang menghalalkan segala cara untuk bertahan hidup, banyak orang yang mengakhiri hidup karena tidak sanggup bertahan hidup di Negeri yang kata orang negeri yang KAYA, harga kebutuhan primer dan sekunder yang melambung tinggi, hasil pertanian yang merosot serta bencana alam yang terus menerus terjadi. Sebagai bahan introspeksi saya, terkadang saya juga berpikir dan berusaha untuk memaknai dengan baik lambang, dasar dan semboyan Negeri ini agar dapat menjadi salah satu pedoman untuk saya hidup di Negeri Indonesia ini.
Saya ingin menuliskan sedikit pemikiran saya mengenai makna dari lambang, dasar dan semboyan Negeri Indonesia ini.
 
1. GARUDA
Disaat menyebut kata Garuda, pikiran saya menerawang membayangkan seekor burung besar yang sedang terbang mengepakkan sayap di langit biru Negeri Indonesia. Lalu saya mulai berpikir sendiri mengapa burung Garuda dipilih oleh para pendiri Bangsa dan Negeri ini untuk dijadikan lambang negera?
Buat saya burung Garuda adalah burung yang melambangkan keperkasaan, keberanian, kesetiaan, disiplin dan kebajikan. Saya merasa bahwa dengan negeri kita ini menggunakan burung Garuda sebagai lambang, maka seharusnya Indonesia menjadi bangsa yang besar dan negara yang kuat. Buat saya, makna dari Burung Garuda ini yang harus kita tanamkan dalam diri kita semua, agar bangsa dari Negeri ini menjadi bangsa yang besar dan negara yang kuat. Jujur buat saya ini bukanlah hal yang mudah, bahkan sampai sekarang saya masih mencoba menerapkan dalam diri saya. dan saya sangat berharap bahwa banyak orang yang tinggal di Negeri ini juga berpikiran sama dengan saya,yaaaaaaa.....sedikit berharap boleh kan?hehehehe...masih teringat di pikiran saya bagaimana kita semua bangga akan tim Garuda PSSI yang berlaga di AFF kemarin....pada saat itu semua orang bangga dengan Garuda, bangga dengan tim Garuda PSSI, bangga memakai kaos bergambar Lambang Negara ini, dan dengan lantang menyanyikan lagu Garuda di dadaku, walaupun di tengah kondisi carut marutnya Induk Organisasi Sepak Bola di negeri ini. Itulah salah satu hal yang membuat saya senang, ternyata bukan saya saja yang bangga dengan Lambang Negara ini.. Semoga Garuda dapat selamanya menjadi Lambang Negeri Indonesia ini. Semoga saya dan semua orang yang ada di Negeri ini dapat memaknai Garuda sebagai lambang negeri ini dengan baik.
Terima kasih kepada para pendiri bangsa yang telah mewariskan Lambang Negara yang begitu hebat.           

2. PANCASILA
Semua orang tau bahwa Pancasila adalah dasar dari Negeri Indonesia ini, dan tentu kita semua juga sudah tahu apa isi dari Pancasila. Di saat sekarang ini saya sering merasa bahwa ruh Pancasila sudah memudar ( sudah tidak "sakti" lagi...hehehehe ). Saya merasa bahwa seharusnya Pancasila ini dijadikan dasar bagi kita semua untuk hidup membangsa, terutama dasar bagi para pemimpin yang berada di Negeri Indonesia ini untuk untuk memimpin negeri ini. Kita dapat memahami dengan mudah makna isi dari Pancasila, tanpa kita harus menghafal butir-butir Pancasila dari masing-masing sila ( jadi teringat pelajaran PMP sewaktu saya SD....hehehehe). Tapi mengapa saat ini Pancasila terasa hanya seperti slogan saja. Saya sendiri saat ini sedang berusaha menjadikan Pancasila sebagai dasar saya untuk numpang hidup di negeri ini. Saya berharap semua orang yang merasa warga dari Negeri Indonesia juga melakukan hal yang sama dengan saya. Saya juga merasa bahwa para pemimpin Negeri Indonesia ini juga sudah mulai melupakan Pancasila. Padahal menurut saya, seharusnya para pemimpin harus memberi contoh kepada yang dipimpin dalam menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk hidup di negeri ini dan dasar untuk menjalankan roda pemerintahan.Terus terang saja untuk saat ini saya tidak terlalu berharap bahwa para pemimpin di negeri ini untuk dapat membangkitkan ruh Pancasila yang mulai redup, tapi saya sangat berharap bahwa generasi saya yang nantinya akan membangkitkan kembali Pancasila.

3. Bhinneka Tunggal Ika
Inilah yang harus kita pertahankan dengan memakai Pancasila sebagai pedoman hidup membangsa. Sadarkah kita bahwa Bangsa Indonesia  terbentuk dari berbagai suku bangsa yang berjanji untuk bersatu membuat sebuah bangsa yaitu Bangsa Indonesia? Negeri ini terdiri dari banyak suku, budaya dan adat istiadat yang beragam, saya yakin bahwa hanya dengan kita melaksanakan Pancasila maka negeri ini dapat bersatu menjadi bangsa yang besar dan kuat, sesuai dengan makna dari lambang Garuda yang saya maksud. Dengan kita melaksanakan pancasila dengan baik maka kita dapat menjaga ke-bhinneka-an kita untuk tetap bersatu dan Negeri Indonesia ini tetap akan selalu ada untuk selama-lamanya. Saya sadar betul bahwa isu-isu yang berbau sara dapat dengan mudah meledak di negeri ini kalau kita tidak bersama-sama melaksanakan Pancasila dengan baik. Saya berharap bahwa saya dan semua orang yang tinggal di negeri ini berusaha mempertahankan semboyan ini ( dalam istilah sekarang kita sering mendengar " NKRI harga mati!!!! " ). Saya juga berharap sekali siapapun yang memimpin negeri ini sadar akan hal ini.

Dari semua hal diatas mengenai makna dari lambang, dasar dan semboyan negeri kita ini, saya semakin sadar bahwa lambang negara kita Garuda Pancasila dibuat dengan sangat baik sekali oleh para pendiri bangsa ini. Karena semua yang ada di dalam gambar Garuda Pancasila mencerminkan cita-cita, cara dan tujuan kita untuk membentuk sebuah bangsa dan negara. Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada para pendiri bangsa ini karena telah mewariskan Garuda Pancasila kepada kita semua. Saya masih sedikit berharap kepada para pemimpin negeri ini sekarang untuk kembali kepada Pancasila sebagai dasar untuk menjalankan roda pemerintahan. Dan harapan saya sangat besar kepada generasi saya atau yang akan datang lagi nanti untuk berusaha tetap menjalankan Pancasila sebagai salah satu dasar untuk hidup di negeri kita tercinta ini. Dan saya berjanji akan mewariskan dan menanamkan jiwa Pancasila kepada anak saya nanti, supaya ruh dari Pancasila ini tidak padam.
Demikianlah pemahaman saya mengenai lambang, dasar, dan semboyan Negeri Indonesia tercinta ini, yang sebenarnya juga mungkin sudah dipahami oleh semua orang yang tinggal di negeri ini. Saya juga merasa bahwa untuk memahami Garuda Pancasila itu sangatlah mudah, tapi menanamkan jiwa Pancasila ini dalam diri kita ini yang sulit. Marilah kita bersama-sama mencoba untuk melakukan itu demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar